Iklan Baris

Selasa, 23 November 2010

PT. JASATAMA GALVANIS INDUSTRY

BACKGROUND
Penggunaan bahan konstruksi baja dalam bidang konstruksi sering dipakai karena kekuatan dan kemudahan dalam pembentukannya serta sangan ekonomis dilihat dari sisi biaya konstruksinya dan saat ini telah mencakup bidang yang sangat luas.
Akan tetapi terdapat kelemahan dari sifat baja ini yaitu sifat yang mudah terkena korosi karena pengaruh lingkungan luar, sehingga membutuhkan pencegahan korosi atau karat secara maksimal agar tidak menimbulkan kerugian ekonomis, tapi juga mencegah menjadi ancaman yang dapat mencegah jiwa manusia.
Meskipun korosi adalah proses salami, akan tetapi dengan teknologi Hot Dip Galvanizing merupakan proses perlindungan besi baja (Fe) dengan sistem pengorbanan anoda berupa Zinc (Zn) melalui proses elektrokimia. Hot Dip Galvanizing dilakukan dengan cara mencelupkan atau membenamkan bahan besi dalam bentuk apapun ke dalam tungku panas yang telah berisi Zinc cair dan dilakukan setelah bahan besi tersebut dibersihkan secara teliti melalui proses kimia.
Dalam pencelupan tersebut akan terbentuk lapisan seng-besi (Zn-Fe) yang mengikat sangat kuat secara kimiawi pada permukaan besi. Lapisan Zinc yang berwarna abu-abu ini menghasilkan perlindungan yang baik dan efektif terhadap karat hingga masa 20 tahun.
PROFILE
PT. Jasatama Galvanis Industry (JGI) adalah perusahaan galvanis yang tumbuh cepat di tanah air dan hadir untuk menjawab kebutuhan pasar seiring pesatnya pertumbuhan sektor konstruksi yang dari tahun ke tahun semakin banyak menggunakan bahan konstruksi Baja.

Pabrik JGI yang berada di :
Jl. Industri Selatan VIII Blok EE 7 H Jababeka II
Cikarang Bekasi
memiliki fasilitas lengkap dan dengan menggunakan teknologi Hot Dipped Galvanis dari Jerman dan Belanda yang telah teruji di industri galvanis. Didukung SDM berkualitas dan ahli dalam bidangnya serta system kendali mutu yang mengacu ke industry otomotif yang terkenal ketat, JGI siap menjadi pilihan utama berbagai perusahaan pabrikan baja dalam memberikan solusi pelapisan galvanis dengan baik dan ekonomis.
Manajemen terus mengembangkan strategi dan terobosan agar selalu dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.

MENGAPA HARUS JASATAMA
PT. Jasatama Galvanis Industry (JGI) adalah perusahaan galvanis yang berangkat dari semangat “menyempurnakan” perusahaan-perusahaan galvanis yang sudah ada. Semangat tersebut diwujudkan mulai dari kegiatan perekrutan karyawan, set-up sistem produksi dan kualitas, serta ketetatan di dalam implementasi sistem. Hal ini juga tidak kalah penting di dalam pengelolaan manajemen perusahaan adalah penimbulan semangat kesadaran lingkungan diantara seluruh kegiatan perusahaan. CLEAN | GREEN | PRECISE adalah komitmen standar yang kami persembahkan untuk pelanggan, karyawan, dan masyarakat.

Manajemen dan karyawan JGI direkrut dari latar belakang industri yang berbeda, diantaranya industri otomotif, galvanis, kimia, quality surveyor, glass, dan masih banyak lagi. Keberagaman tersebut memberi kami sebuah kekuatan “power of sinergy” untuk mempersembahkan yang terbaik bagi pelanggan kami.
Konsep mutu yang diterapkan di JGI mengadopsi konsep mutu perusahaan otomotif Jepang yang menjalankan konsep BIQ (Built in Quality) di dalam proses produksinya, yang memberi penekanan pada pencapaian “Zero Defect”.

Semangat kami adalah semangat Kaizen (Continuous Improvement) untuk selalu mencapai kondisi yang lebih baik lagi dalam segala hal.

Datanglah ke perusahaan kami, lihatlah kebersihan pabrik kami, lihatlah bagaimana kami memperlakukan barang Anda, itulah komitmen standar kami untuk Anda.

Motto Kaizen yang kami tanamkan pada seluruh karyawan kami :
“kalau kita berpikir tidak ada masalah, maka cara berpikir kitalah yang salah”.

Hingga saat ini belum ada sistem pelapisan besi / baja yang memiliki kekuatan pelapisan jangka panjang yang memiliki kepastian penampilan yang baik selain proses HOT DIP GALVANIZE, karena lapisan yang dihasilkan berasal dari lapisan besi / baja itu sendiri yang bereaksi dengan Zinc, sehingga tidak merubah sifat dasar dari besi / baja tersebut.

Galvanizing hanya memerlukan satu kali proses dan menghasilkan pelapisan besi / baja yang maintenance free.

Perlindungan ini sangat direkomendasikan secara luas di seluruh dunia dibandingkan dengan sistem proteksi lain dan galvanis selalu mencari cara baru dalam melakukan pelapisan di semua bidang engineering.
CLEAN I GREEN I PRECISE
Product, Service, and Quality

Berbagai jenis baja dapat digalvanis dengan hasil memuaskan. Persiapan sebelum proses galvanis menjadi kunci keberhasilan itu.
Permukaan benda keras harus dibersihkan sebelum dicelupkan ke dalam cairan Zinc.
Metode pembersihan permukaan yang dilakukan adalah metode pengasaman. Pengotor yang tidak hilang dengan dengan pengasaman akan dibersihkan sebelum pengasaman itu dengan proses pengamplasan dan degreasing.

JGI berkomitmen tinggi memberikan jasa dengan precise tinggi sesuai standart kualitas yang ditentukan dan pengiriman tepat waktu. Dari pabrik yang luas dan bersih, JGI menjamin seluruh proses Hot Dip Galvanizing aman bagi lingkungan.

CLEAN | GREEN | PRECISE adalah budaya perusahaan yang selalu dipegang teguh.

Melalui komitmen itu, produk akan seluruh proses produksi JGI mengacu kepada standar kualitas interinasional :
ISO 1461 : 1999 dan ASTM A 123 A 153

PROSES HOT DIPPED GALVANIZE

DEGREASING – Menggunakan larutan caustic soda yang bersifat BASA, dipanaskan hingga 600 C untuk menghilangkan kotoran, oli, gemuk, dan soluble marking. Akan tetapi proses pembersihan ini TIDAK DAPAT menghilangkan eksposi, cat, dan kotoran last.
PICKLING – Cairan HCL (bersifat ASAM), digunakan untuk menghilangkan KARAT pada permukaan dan mill scale sehingga secara kimia menghasilkan permukaan metal yang bersih sehingga siap untuk dilakukan proses HOT DIPPED GALVANIZE yang akan memakan waktu sekitar 30-90 menit tergantung dari tebal dan bentuk barang yang akan digalvanis.
FLUXING – Setelah proses PICKLING steel parts yang akan digalvanis harus melalui proses Fluxing (menggunakan cairan zinc ammonium chloride) dengan tujuan untuk menghilangkan hasil oxidasi sebelumnya dan menjaga tidak terjadi oxidasi pada steel part, sebelum proses DIPPING pada zinc bath.
GALVANIZING – Pada proses ini besi / steel part mendapatkan pelapisan oleh Zinc. Steel part / besi dicelupkan ke dalam Zinc Bath dengan suhu 4300 C – 4600 C dan ketika proses tersebut berlangsung, steel part / besi akan mencapai suhu Zinc cair tersebut dan secara metallurgy zinc akan menyatu dengan besi membentuk lapisan ZnFE (Zinc – Iron Alloy) yang mempunyai sifat anti karat yang sangat tinggi.
INSPECTION – Tahap akhir dari hot-dip proses adalah memastikan hasil galvanis sesuai dengan specification yang dipakai, dalam hal ini ISO atau ASTM. Hal-hal yang dicek adalah ketebalan lapisan, kesempurnaan pelapisan dan penampilan. Alat test elektronik dipakai dalam inspection ini agar dapat menghasilkan laporan secara tepat dan cepat. Dan bila diperlukan Certifikate of Compliance dapat diberikan untuk keperluan pelanggan lebih lanjut.

WORKSHOP

PRODUCTION FACILITYLocation :
Jalan Industri Selatan VIII Blok EE 7 H Jababeka II
Cikarang Bekasi

Production Area :
- 1000 m2 Processing Line
- 6000 m2 Storage Material

GALVANIZE PROCESS
2 (two) degreasing baths
2 (two) water rinsing baths
5 (five) pickling baths
2 (two) water rinsing baths
1 (one) fluxing baths
2 (two) closed dryer baths
1 (one) 4550 C Dipping Kettle
2 (two) cooling and quenching baths

GALVANIZE TECHNOLOGY
7.5 m x 1.5 m x 2.4 m Kettle – W.Pilling from Germany
Furnace / Combustion System – CIC International Netherland
8 x 3 Tons Hoist / Over Head Crane – Hyundai Korea
70 tons Bridge Scale

Silahkan kontak kami :

BUDI HARTONO
Telp : 087 882 800 982
Email : budi.hartono@jasatama.com, budi.newhrtn@yahoo.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please comment